SOBOnDESO News

Menjelajah Goa Jepang Pundong Bantul

pemandangan alam dari goa jepang
Sekian waktu tidak blusukan menyegarkan mata melihat pemandangan yang ijo-ijo dari atas pegunungan, hingga akhirnya waktu yang ditunggu pun tiba. Siang hari yang cerah, dan kedua bolang sedang di rumah eyangnya, pikiran sedang terasa penat dan butuh direfresh.

Sejenak berfikir mencari-cari tempat yang sesuai untuk menyalurkan hobi blusukan ala SOBOnDESO. Setelah menimbang akhirnya Goa Jepang/bunker di Pundong menjadi target blusukan siang itu  karena mendapat info kalau jalur menuju ke lokasi goa jepang sudah diperbaiki.






jembatan kretek jalan parangtritis
Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menuju ke goa jepang namun perjalanan ke lokasi harus saya urungkan karena akses menuju ke goa jepang rusak sangat parah, dan hanya berhenti di Goa Sunan Mas yang lokasinya berada pada jalur yang sama menuju goa jepang.

Langsung saja kendaraan saya pacu menuju ke Pundong, dan tak saya lewatkan mencoba melewati jembatan baru yang menghubungkan Gunung Puyuh Desa Panjangrejo dengan Dusun Soko Desa Seloharjo di atas aliran Kali Opak disebelah jembatan gantung.
goa jepang

Tidak berapa lama saya sudah sampai pada jalan yang menanjak untuk menuju lokasi goa jepang di kampung Ngreco, Seloharjo, Pundong. Setelah melalui lokasi Goa Sunan Mas jalan yang dahulu rusak parah kini sudah di perbaiki dengan aspal mulus, sepanjang perjalan adalah jalur yang berupa tanjakan dengan tebing yang menjulang di sisi jalan dan jurang di sisi lainnya. Udara sejuk pegunungan bercampur semilir angin dari samudra menambah kental nuansa petualangan.





Setelah berjuang melalui tanjakan akhirnya saya sampai di lokasi goa jepang no. 1 yang berada di pinggir jalan, saya lanjutkan untuk menjelajah ke goa-goa lainnya. Sesampainya di goa no. 10 saya seperti disuguhi pemandangan yang saya bilang cukup spektakuler berupa bentang alam hijau, lautan luas dan aliran Sungai Opak yang mengular hingga ke muara.
goa jepang nomer 10
Di tempat inilah dahulu tentara Jepang mengintai kapal-kapal dan pesawat musuh yang mungkin datang dari laut selatan,  setelah puas menjelajah dan mengambil beberapa pic foto saya segera kembali karena kedua bolang sudah menunggu.
mengintai dari dalam goa

sebelum pulang bisa mandi di sumber mata air di goa sunan mas

6 comments:

  1. nahh..ini bisa jadi referensi liburan saat ke Jogja :)

    http://www.nirvana.co.id/

    ReplyDelete
  2. monggo dijelajahi, nuwun udah mampir

    ReplyDelete
  3. jadi pinggin tinggal nang desoo,wis cape tinggal nang kuto...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas urip nang ndeso luih adem lan tentrem :)

      Delete
  4. asyik nih spot baru di Jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dikunjungi mb' asik bgt tempatnya :)

      Delete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.